Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?

Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?

Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?

Perusahaan perlu untuk membuat company profil agar lebih mudah memperkenalkan ‘diri’ perusahaan pada khalayak ramai. Secara garis besar, pengertian company profil adalah gambaran mengenai perusahaan yang dibuat dalam bentuk online atau offline.

Kenapa online atau offline? Karena, company profil tidak hanya bisa dibuat dalam media cetak seperti brosur namun juga bisa ditulis di website. Baik offline, online atau berbentuk video, company profile harus memiliki informasi atau data berikut ini:

  • Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan berupa gambaran perusahaan secara keseluruhan, sejarah dan visi misi perusahaan. Jika perlu terutama untuk mencari investor, jangan lupa untuk menambahkan struktur organisasi. Bahkan, Anda bisa menambahkan cita-cita perusahaan baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jangan lupa untuk menuliskan status perusahaan. Misalnya apakah perusahaan adalah perusahaan startup. Status perusahaan ini akan bermanfaat untuk pihak yang ingin bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Cantumkan pula alamat perusahaan, nomor telepon, email dan website perusahaan. Jika perlu, Anda bisa menambahkan media sosial perusahaan Anda. Dengan begitu, orang lain akan lebih mudah untuk mengecek dan mencari tahu mengenai perusahaan Anda.

Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?
Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?
  • Statistic

Sesuai dengan pengertian company profile yang menjelaskan mengenai gambaran umum perusahaan, jangan lupa mencantumkan statistic. Misalnya berapa cabang yang Anda miliki hingga saat ini. statistic yang jelas akan membantu perusahaan agar terlihat lebih terpercaya.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan data yang akurat dan terpercaya ya. Dengan begitu, kesan positif dan trust dari orang yang mengetahui produk ataupun perusahaan Anda.

  • Layanan dan Produk

Jelaskan mengenai layanan dan produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk menuliskan juga mengenai keunggulan produk. Dengan begitu, calon konsumen bisa membandingkan dan membedakan antara produk yang Anda miliki dengan produk lainnya.

  • Pencapaian

Tuliskan pencapaian perusahaan yang pernah diraih. Pencapaian ini bisa berupa penghargaan bisa juga mendapatkan sertifikat. Adanya informasi tentang pencapaian ini tentu akan memberikan nilai plus tersendiri untuk usaha Anda.

  • Tambahkan Dokumentasi

Jangan lupa untuk menambahkan dokumentasi ya. Gambar yang dipasang ini bisa gambar produk, foto saat proses membangun gedung, tim Anda ataupun yang lainnya. Tapi, gunakan foto terbaik dan memberikan kesan positif agar orang tertarik.

Jangan Lupakan Desain

Berisi informasi yang lengkap saja tidak cukup dalam membuat company profile. Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai desain dari company profile agar tampilannya lebih menarik. Jika perlu, Anda bisa menggunakan jasa desain company profile untuk perusahaan.

Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?
Tahukah Anda Apa Pengertian Company Profile itu?

Apabila Anda membuatnya sendiri, jangan lupa untuk mempertimnbangkan hal berikut:

  1. Format layout company profile apakah nyaman untuk dibaca atau tidak.
  2. Pemilihan jenis font dan warna. Gunakan font yang bisa dibaca dengan jelas. Selain itu, pertimabngkan warna font dan background agar tulisan dan gambar tetap bisa terbaca dengan baik.
  3. Ilustrasi atau gambar misalnya ornamen, garis atau bentuk agar company profile menarik.

Itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai pengertian company profile dan apa saja yang perlu ada di profil tersebut. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat ya untuk Anda.