Cara Mengoptimalkan SEO

 

Apakah anda pemilik suatu blog atau situs web? Anda mungkin sudah kenal dengan SEO atau Search Engine Optimization. Fungsi SEO itu sendiri adalah untuk membuat situs web muncul di mesin pencari atau halaman startup mesin pencari. Tapi tahukah anda cara mengoptimalkan SEO agar situs web anda dapat muncul di halaman startup mesin pencari? Jika tidak, di sini kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengoptimalkan SEO.

 

  1. Gunakan Permalinks Sederhana

Permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari dalam memahami topik yang sedang dibahas. Cara untuk menggunakan Permalink cukup mudah, yang harus anda lakukan adalah membuka dashboard WordPress dan klik Pengaturan> Permalink. Setelah itu, pilih struktur tautan permanen dari Nama Posting lalu klik Simpan.

 

  1. Tambahkan Gambar atau Video

Konten yang hanya berisi teks tentu membosankan bagi para pembaca. Selain membosankan, konten tanpa media visual juga sulit dibaca. Jadi pastikan untuk menambahkan setidaknya satu atau dua gambar ke setiap konten anda.

Bahkan akan lebih baik jika anda menambahkan media visual seperti video. Menurut Vidyard, artikel dengan video memiliki peluang 53 kali lebih besar di halaman pertama hasil pencarian Google daripada artikel tanpa video.

 

  1. Gunakan Heading dan Subheading

Untuk memudahkan pengunjung membaca konten, anda perlu membuat struktur konten yang jelas serta mudah dimengerti. Salah satu cara untuk mengatur konten yang mudah dipahami adalah dengan menggunakan Heading dan Subheading.

Kedua fitur tersebut berfungsi untuk membagi artikel anda menjadi beberapa bagian. Dengan begitu, para  pembaca akan lebih mudah menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan.

Selain itu, Heading dan Subheading juga dapat membantu mesin pencari memahami konten yang anda miliki. Hal tersebut tentunya akan memudahkan bot mesin pencari untuk melakukan crawling  konten dan melihatnya sebagai subjek.

 

  1. Sisipkan Outbound Link

Saat membuat konten, cobalah untuk menyisipkan setidaknya satu tautan ke situs web anda atau outbound link. Namun, tentunya bukan asal situs web yang ada di internet. Pastikan situs web tersebut dianggap memiliki reputasi baik.

Outbound Link ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa konten yang dibuat memiliki sumber yang dapat diandalkan dan dipercaya. Dengan tautan yang menunjukkan sumber yang relevan, konten anda juga dianggap memiliki topik yang sama dengan situs penghubung tersebut.

 

  1. Optimalkan Internal Link

Tidak hanya menyisipkan Outbound Link, anda juga perlu mengoptimalkan Internal Link. Internal Link atau Tautan Internal adalah tautan yang menunjuk ke konten lain di situs web anda. Jenis tautan ini penting bagi pembaca untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya dalam situs web anda.

 

Demikian lah yang dapat kami jelaskan mengenai cara dalam mengoptimasi SEO agar situs web anda dapat tampil pada halaman pertama suatu mesin pencari.